Tampil Anggun dengan Model Baju Batik Terbaru

Indonesia yang terdiri beragam suku dan budaya sudah pasti memiliki warisan budaya yang beragam pula. Dari Sabang sampai Merauke, setiap jengkal daerahnya memiliki perbedaan, baik dari bahasa, kuliner, bahkan baju atau kain tradisional masing-masing. Salah satu kain tradisional yang berasal dari Jawa dan begitu populer di dalam, maupun luar negeri adalah batik. Tentu kepopuleran ini tidak bisa terlepas dari munculnya berbagai model baju batik terbaru.

Bermacam model baju batik mulai dari baju kantor, blush, dress, cardigan, bahkan gaun malam telah tersedia di toko baik online maupun offline dengan berbagai macam harga yang ditawarkan. Tentunya semua model ini berhasil menarik minat kaum wanita untuk menjadikan batik sebagai salah satu baju favorit. Alangkah baiknya jika kita sebagai warga negara, ikut berpartisipasi untuk mempromosikan dan lebih mencintai produk asli Indonesia ini. Berikut ini beberapa motif batik yang ada di Indonesia, beserta makna yang terkandung dalam motifnya.

1. Motif Udan Iris (tabah meski hujan dan panas)
Motif ini mengajarkan bahwa setiap manusia harus selalu sabar dan tabah dalam menghadapi ujian hidup. Meskipun hujan dan panas, atau bisa diartikan meski dalam keadaan susah dan sulit, manusia harus tetap memiliki ketabahan dan yakin bahwa kehidupan pasti bisa terus dijalani dengan tanpa menyerah.

Baca juga: Model Kebaya Modern untuk Wisuda agar Tidak Terlupakan

2. Motif Parangkusuma (lahir dan batin yang harum dan bersih)
Motif ini berarti hidup harus dijalani dengan mempertahankan keharuman (kusuma) baik lahir maupun batin. Di dalam filosofi Jawa, norma kesopanan sangatlah di junjung tinggi. Dari situlah terbentuk motif Parangkusuma yang begitu indah ini. Dengan menjunjung norma-norma yang berlaku dan juga sopan santun dalam bersosialisasi, maka akan terbentuklah lahir batin yang harus seperti bunga kusuma. Dan ini bisa menjadi sarana untuk menghindari penyakit lahir batin yang saat ini menggores norma ketimuran dan adat yang di junjung tinggi di Indonesia. Model baju batik terbaru dengan motif ini telah banyak tersedia.

3. Motif Parikesit (usaha keras dan gesit)
Untuk menggapai sesuatu dalam hidup, manusia wajib bekerja keras dan gesit dalam menangkap peluang. Itulah makna yang terkandung dalam motif Parikesit. Usaha adalah ujung tombak dari impian dan harapan manusia. Untuk itu, tetaplah berusaha dan gesit dalam bekerja dengan jalan yang jujur. Saat ini banyak diketahui bahwa banyak manusia di luar sana yang mengharap kepraktisan. Ketika menginginkan kekayaan, banyak orang menghalalkan segala cara seperti mencuri atau korupsi. Tentu ini sangat berbanding terbalik dengan makna Parikesit.

4. Motif Kawung (jika berusaha keras pasti akan berhasil)
Seringkali kita melihat banyak orang menyerah sebelum usaha maksimalnya dilakukan. Putus asa dan berhenti berusaha adalah penyebab dari kegagalan dalam hidup. Dalam motif ini, kita diajarkan untuk terus berusaha keras hingga impian terwujud karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Jika belum berhasil, maka tanyakan pada diri sendiri, apakah usaha sudah maksimal atau belum.

5. Motif truntum (tumbuh dan berkembang)
Setiap keluarga berharap untuk memiliki keturunan, itulah makna dari motif Truntum ini. Bahwasannya setiap keluarga haruslah memiliki generasi baru yang bisa bermanfaat baik untuk diri, keluarga dan juga lingkungan sekitarnya.

Itulah beberapa makna dari sebagian motif kain batik di Indonesia. Masih banyak sekali motif batik di tanah air dengan berjuta makna yang indah. Terlepas dari model baju batik terbaru, mendalami makna yang ada dalam tiap goresan kain batik tentu menambah rasa cinta dan kebanggaan pada warisan nusantara ini.

Iklan